Makanan untuk Kesehatan Pria

Statistik menunjukkan, 4 dari 10 penyebab kematian utama pria: kanker, penyakit jantung, penyakit vaskular otak, dan diabetes, terkait dengan makanan. Berikut, makanan yang diduga berkhasiat untuk pria.

Tomat
Mengandung asam yang meningkatkan pengeluaran gastric acid dan membantu mencerna makanan dan nutrien-nutrien lainnya. Tomat juga mengandung vitamin C yang terkait dalam membuat kolagen tulang dan menjaga arteri tetap sehat.

Bawang putih
Bactericidal yang kuat, yang dapat membasmi bakteri yang menyerbu. Juga meningkatkan absorpsi vitamin B1 dan metabolisme karbohidrat untuk memproduksi energi dan mengurangi lelah. Khasiat lainnya yang tak bisa diremehkan adalah meningkatkan imunitas. Bawang putih mengandung lead selenide, sejenis antioksidan. Bawang putih juga termasuk makanan antikanker.

Wortel
Mengandung beta karoten yang diubah menjadi vitamin A di dalam sistem tubuh. Berkhasiat meningkatkan respons sistem imun dan mencegah kerusakan sel-sel akibat radikal bebas. Selain itu, wortel juga kaya potassium yang membantu menurunkan tekanan darah. Serat di dalam darah dapat mencegah penyakit usus. Wortel diduga berkhasiat antikanker.

Biji labu
Pembesaran prostat termasuk salah satu mesalah bagi banyak pria di atas umur 40 tahun. Sebuah studi Amerika menunjukkan, pasien yang mendapatkan ekstrak biji labu mengalami penurunan frekuensi buang air kecil dan perbaikan pada sistem lainnya. Biji labu adalah sumber yang baik dari vitamin E, yang dapat membantu memperlambat proses penuaan.

Kedelai
Kedelai mengandung phytoestrogen yang dikenal berkhasiat untuk kesehatan perempuan. Kedelai juga baik untuk pria. Studi-studi menunjukkan, pria Jepang yang sering makan produk kedelai berisiko lebih rendah kanker prostat dibanding pria di barat. Kedelai juga secara efektif membantu mencegah kehilangan mineral tulang. Pria mulai kehilangan mineral tulang pada umur 60 tahun seperti halnya perempuan pascamenopausal. Lecithin kedelai diketahui. meningkatkan ingatan jangka pendek dan kemampuan pembelajaran.

Makanan kaya vitamin C
Vitamin V baik untuk sperma. Kualitas dan kuantitas sperma mulai turun pada saat pria berumur 24 tahun. Jika ada obat yang dapat mecegah kemunduran sperma, obat itu adalah vitamin C. Sebuah studi di University of Texas menunjukkan, pria yang mendapatkan 1.000 mg vitamin C selama 60 hari, produksi sperma meningkat sampai 60% dan viability (kemampuan bertahan hidup dan berkembang) sampai 30%. Selain itu, jumlah sperma abnormal juga menurun. Makanan kaya vitamin C antara lain: kiwi, jeruk, kembang kol hijau, asparagus. Pria yang stres tinggi perlu lebih banyak nutrien ini. Vitamin C meningkatkan sekresi hormon cortical untuk membantu menanggulangi stres.

Padi-padian utuh
Pria sering mengalami stres tinggi dari pekerjaan. Vitamin B, termasuk B1, B2, B6, B12 dan folic acid penting untuk menagement stres seperti ini. Padi-padian utuh membantu menstabilisasi sistem imun dan meningkatkan produksi energi, yang membantu menanggulangi stres. Makan padi-padian utuh antara lain roti gandum, nasi beras cokelat dan wheat germ, mengandung vitamin B dalam jumlah tinggi. Polysaccharides di dalam roti gandum dapat memperlambat pelepasan energi dan membantu pria rileks.

Teh hijau
Mengandung vitamin C yang tidak terdapat pada teh hitam. Vitamin C membantu mencegah pilek dan memberi nutrisi pada kulit. Juga mengandung asa amino anti penuaan. Senyawa-senyawa flavonoid di dalam teh hijau juga dapat menurunkan tekanan darah.

Ikan laut dalam
Stres tinggi menyebabkan hyperglycemia pada pria dan menyebabkan stroke pada pria usia muda. Asam lemak omega-3 di dalam ikan laut dalam dapat mencegah penggumpalan darah, mengurangi kontraksi arterial dan menurunkan glycosides, yang secara bersama-sama berkhasiat besar untuk kesehatan kardiovaskular. Ikan kaya asam lemak omega-3 antara lain ikan berminyak seperti mackerel dan salmon. Pria disarankan makan ikan ini 2 kali seminggu.

Seafood
Meningkatkan libido. Zinc yang terdapat di dalam seafood baik untuk produksi sperma. Kekurangan zinc mempengaruhi sperma secara kuantitatif dan kualitatif. Kerang, udang, kepiting kaya zinc. Kerang juga kaya taurine dan glycogen yang memberi nutrisi pada liver dan tubuh secara keseluruhan.

Anggur merah
Jika pria minum alkohol, minuman itu hendaknya anggur merah (red wine). Antioksidan polyphenol di dalam anggur merah dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan membantu mencegah arteriosclerosis. Senyawa-senyawa buah anggur di dalam wine juga membantu mencegah dementia.

Air
Tujuh puluh lima persen otak manusia adalah air. Organ pertama yang terpengaruh ketika dehidrasi adalah otak. Dehidrasi mengakibatkan lelah dan memperlambat respons. Pria perlu 2 liter air sehari.

(WEBMD)

0 komentar:

Posting Komentar