Manfaat Teh

Semua teh, apakah teh hitam, teh hijau dari tanaman teh yang sama, Camellia sinensis. Daun teh diproses dengan cara beda sehingga menghasilkan jenis teh yang beda. Semua teh dari tanaman teh Camellia kaya polyphenols, sejenis antioksidan yang dapat memberantas radikal-radikal bebas yang merusak dan mendetoksifikasinya.

Polyphenols di dalam teh 8 sampai 10 kali lebih banyak dibanding yang terdapat di dalam buah dan sayuran. Teh hitam dan teh hijau mengandung jumlah polyphenols yang sama. Studi laboratorium menemukan polyphenols di dalam teh mencegah kerusakan DNA yang berkaitan dengan tembakau dan zat-zat kimia beracun lainnya. Dalam studi-studi hewan, tikus yang minum teh lebih jarang menderita kanker. Negara peminum teh terbesar di dunia: Cina dan Jepang, punya paling sedikit penyakit jantung dan tidak mempunyai jenis kanker tertentu dibanding negara-negara barat.

Teh juga merupakan sumber yang sangat kaya dari antioksidan khusus yang disebut flavonoid. Sejumlah riset yang dapat dipercaya menemukan, orang-orang yang minum teh 2 cangkir atau lebih dalam sehari jarang terkena penyakit jantung dan stroke, mempunyai kolesterol total dan LDL yang lebih rendah dan lebih cepat pulih dari serangan jantung.

Perokok yang minum 4 cangkir teh secara teratur berkemungkinan lebih kecil mengalami kerusakan sel DNA, mutasi genetik yang dapat menyebabkan kanker. Studi-studi tikus menemukan lebih jarang terkena kanker paru pada tikus yang minum teh.

Saat sel-sel imun peminum teh diekspos pada kuman-kuman di dalam piring Petri, sel-sel imun itu langsung bertindak. Sebaliknya, sel-sel imun peminum kopi yang diekspos pada kuman tidak melakukan apa pun.

Uji laboratorium juga menunjukkan, teh dapat membantu meningkatkan metabolisme untuk membantu penurunan berat badan, menghambat respons alergis, memperlambat pertumbuhan tumor, melindungi tulang, memerangi bau napas, memperbaiki kulit, mecegah penyakit Parkinson, bahkan menunda diabetes dewasa.

Riset yang dilakukan Medicinal Plant Research Centre di Newcastle University, Inggris, dan diterbitkan dalam jumlah jurnal akademik Phytotherapy Research menemukan, teh dapat menghambat aktivitas enzim yang dikaitkan dengan pengembangan penyakit Alzheimer. Menurut jurnal tersebut, teh menghambat aktivitas enzim acetylcholinesterase (aChE), yang memecah zat kimia pembawa pesan atau neurotransmitter acetylcholine. Penyakit Alzheimer ditandai dengan menurunnya acetylcholine.

Teh juga menghambat aktivitas enzim butyrycholinesterase (BuChE), yang ditemukan dalam deposit protein pada otak pasien Alzheimer.

Sampai saat ini para ahli belum menemukan obat untuk mengatasi Alzheimer. Teh tampak dapat memperlambat perkembangan penyakit ini. Yang menggembirakan adalah, selain banyak dikonsumsi dan murah, teh juga tidak mempunyai efek samping.

Sampai saat ini, para ahli belum memehami sepenuhnya cara kerja teh karena sangat kompleks. Diduga, khasiat teh berasal dari efek detoksifikasi antioksidan yang melindungi sel-sel radikal-radikal bebas. Kerusakan sel-sel akibat radikal bebas dapat menyebabkan pembentukan gumpalan darah, atherosclerosis, dan kanker.

Untuk mendapatkan khasiat perlindungan teh, para ahli menyarankan minum 6 sampai 10 cangkir teh di sepanjang hari, dimulai dari saat sarapan. Anak-anak dimulai dari umur 6 tahun ke atas juga disarankan minum teh. Jika mengkhawatirkan kefein di dalam teh, Anda bisa menghilangkan dengan cara mudah. Seduh teh, lalu tuang seduhan pertaman ke cangkir lain karena kafein akan keluar ketika pertama kali diseduh air panas.

Alasan untuk minum teh

Teh kaya antioksidan yang disebut polyphenols, sejenis zat kimia tumbuhan yang membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan penyakit-penyakit lainnya dengan:
  • menghambat pertumbuhan sel-sel kanker
  • menurunkan tekanan darah tinggi
  • mencegah stroke
  • meningkatkan aliran darah ke jantung
  • menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL
  • mencegah pembentukan gumpalan darah di dalam dinding-dinding arteri
  • menstabilkan kadar gula darah
  • menurunkan risiko osteoporosis
  • berperan sebagai senyawa anti-inflammatory
  • meningkatkan fungsi imun dan membantu mencegah infeksi
  • mencegah infeksi virus dan penyakit liver
  • menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit gusi, gigi berlubang dan bau napas
  • teh hitam dianggap teh yang sifatnya paling yang. Biasanya diminum saat udara dingin karena mempunyai senyawa yang menghangatkan
  • orang-orang yang batuk karena pilek, arthritis karena udara lembap juga disarankan minum teh
  • teh hitam dapat menurunkan risiko penyakit jantung
  • th hitam dapat mengurangi rematik
  • teh hitam mencegah osteoporosis
  • teh dapat mengatasi rasa lelah
  • teh hitam dapat meredakan stres

0 komentar:

Posting Komentar