Terapi Makanan untuk Menurunkan Kolesterol

Selain dengan terapi obat atau suplemen, untuk menurunkan kolesterol juga bisa dengan terapi makanan. Meningkatkan konsumsi serat makanan, makanan kedelai, dan senyawa tumbuhan serupa kolesterol: plant stanol dan sterol, dapat secara bermakna menurunkan kolesterol jahat LDL.

Phytosterols

Phytosterols (plant sterol dan stanol ester), adalah senyawa yang ditemukan dalam jumlah kecil di dalam makanan seperti padi-padian utuh dan di dalam berbagai sayuran, buah, dan minyak sayur. Berkhasiat menurunkan kolesterol jahat LDL, sebagian besar dengan menghambat absorpsi kolesterol pada usus halus.

Serat makanan, kedelai, dan phytosterols menurunkan kadar kolesterol dengan mekanisme yang beda. Karena itu, menggabungkan intake makanan-makanan ini dengan senyawa tumbuhan lainnya, disertai dengan intake rendah lemak-lemak jenuh, lebih efektif menurunkan kadar kolesterol dibanding makan senyawa-senyawa ini secara tersendiri.

Menambahkan makanan kaya asam lemak omega-3 ke dalam susunan menu juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Dapatkan paling sedikit 2 saji ikan berlemak seperti salmon, mackarel, herring, tuna, dan sardine per minggu. Sumber makanan asam lemak omega-3 yang lainnya adalah flax seed dan walnut.

Kedelai

Kedelai menunjukkan mencegah penyakit jantung koroner dengan menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida. Protein kedelai terdapat di dalam tahu, tempe, susu kedelai, yogurt kedelai, edamame, kacang kedelai, dan berbagai produk lain yang dibuat dari kacang kedelai.

Serat

Hanya makanan tumbuhan (sayuran, buah-buahan, polong-polongan, dan padi-padian) yang mengandung serat makanan. Serat larut ditemukan dalam makanan seperti oat bran, barley, psyllium seeds, flax seed meal, apel, buah-buah sirtrus, lentil, dan kacang-kacangan (bean), yang terutama efektif menurunkan kolesterol.

Asam lemak omega-3

Asam lemak esensial berefek baik pada kolesterol. Sumber suplemen antara lain kapsul minyak ikan dan minyak flax seed. Asam lemak omega 3 menurunkan kecepatan liver memproduksi VLDL kolesterol dan trigliserida yang berkhasiat anti-inflammatory pada tubuh, menurunkan pertumbuhan plak di dalam arteri, dan mengencerkan darah. Jika ingin mengkonsumsi asam lemak omega-3 bicarakan dulu dengan dokter Anda apakah suplemen asam lemak omega-3 cocok untuk Anda, terutama jika Anda juga minum obat pengencer darah.

Hindari partially hydrogenated dan minyak sayur hydrogenated. Minyak buatan manusia ini adalah sumber asam lemak trans yang dikenal dapat manaikkan kolesterol LDL penyumbat arteri. Menurunkan kolesterol baik HDL pelindung jantung dan meningkatkan respons inflammatory di dalam tubuh. Anda dapat menemukan lemak-lemak trans pada daftar panel nutrisi di kemasan. Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak trans. (WEBMD)

0 komentar:

Posting Komentar